Guru Tanpa RPP? Ke Laut Aja!!

Guru Tanpa RPP? Ke Laut Aja!!
Rencana adalah sebuah hal yang harus ada di setiap kehidupan kita. Tak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita hidup tanpa rencana yang jelas. Contoh kecil saja, ketika anda pagi ini keluar rumah dan tidak ada rencana hendak kemana dan dan akan melakukan apa, maka bisa dipastikan anda hanya akan seperti orang linglung yang tak tahu harus ngapain.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki rencana, memilih hidup apa adanya, pasrah. Bahkan jika ada yang bertanya "Terus rencana ke depannya gimana? Masih mau bekerja atau berwira usaha?"

tak sedikit yang akan menjawab, "Saya mah ikut kemana air mengalir aja deh Syaiha..". Ikut kemana air mengalir? Yakin?

Beruntung sih kalau air mengalirnya ke tempat yang baik. Tapi bukankah selama ini air mengalir itu ke bawah, ke tempat yang lebih rendah, atau bahkan ke comberan? Sekarang masih yakin mau ikut kemana pun air mengalir?

Tanpa RPP? Ke Laut Aja!!

Hanya sebagian kecil manusia yang merencanakan hidupnya dengan sangat baik. Merencanakan dan menuliskan.

Mengapa harus ditulis, karena otak manusia ini mudah lupa, maka dituliskan agar kita selalu ingat rencana kehidupan kita. Semakin baik kita merencanakan, maka semakin besar peluang keberhasilannya.

Begitupun dengan mengajar di kelas. Setiap hari, guru harus mempunyai rencana yang baik dan harus dituliskan! Perencanaan mengajar yang harus disiapkan ini biasa disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Berikut beberapa komponen yang biasanya ada di RPP.

Identitas sekolah

Biasanya berisi Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas dan Semester, dan Alokasi waktu. Bisa juga ditambahkan sesuai keinginan, semakin lengkap dentitas sekolahnya maka semakin baik. Misal ditambahkan alamat sekolah, nomor telepon, dan lain-lain.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/KD). Untuk mengisi ini bisa menggunakan silabus sekolah. Di silabus biasanya SK/ KD setiap mata pelajaran sudah ada dan lengkap.

Tujuan Pembelajaran

1. Tujuan adalah hal yang guru inginkan tercapai saat pembelajaran selesai.
2. Tujuan pembelajaran harus serealistik mungkin.
3. Tujuan ditetapkan sesuai kemampuan siswa.
Jika kemampuan siswa seadanya, maka jangan menetapkan tujuan terlalu tinggi. Kasihan siswanya bu guru!

Indikator Keberhasilan

Indikator harus bisa diukur agar setiap guru bisa mengevaluasi pembelajaran yang baru saja diselesaikannya. Semakin banyak indikator yang tercapai maka semakin baik. Namun jika indikator yang tercapai hanya sedikit, maka guru harus mengevaluasi dimana letak salahnya dan harus memperbaiki cara mengajarnya di pertemuan berikutnya.

Model dan Metode Pembelajaran

Model yang biasa digunakan saat ini adalah Cooperative Learning. Model ini melibatkan siswa lebih banyak dalam pembelajaran, mereka lebih aktif sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja.

Sedangkan metode bisa kita pilih dari berbagai macam metode yang ada, seperti bermain, membaca mandiri, berdiskusi, snow ball, talking stick, dan lain-lain.

Nilai-nilai Karakter

Saat ini RPP pendidikan kita adalah RPP berkarakter. Mungkin maksud pemerintah adalah agar siswa-siswa Indonesia memiliki karakter yang baik dan ketika mereka nanti menjadi pejabat, mereka tidak akan korupsi.

Sayangnya, pemerintah tidak menanamkan karakter itu ke gurunya. Hasilnya ya sama saja. Bagaimana mungkin siswa akan jujur jika guru yang mendidiknya selama ini justru memberikan bocoran Ujian Akhir Nasional? Bagaiaman mungkin siswa akan amanah jika gurunya justru jarang masuk ke kelas, tidak amanah!

Langkah-langkah Pembelajaran

Dalam sebuah pembelajaran yang baik, harus ada tiga tahapan yang dilalui, Kegiatan Awal, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir. Setiap tahapan harus ditentukan alokasi waktunya sesuai jam pelajaran hari itu.

Kegiatan Awal biasanya berisi apersepsi, mengulang kembali pelajaran sebelumnya, memotivasi siswa, bermain, dan sebaiknya semua kegiatan awal ini bisa dihubungkan ke pelajaran yang akan diajarkan.

Kegiatan Inti adalah kegiatan utama yang ingin dilaksanakan untuk menyampaikan materi ke siswa. Sedangkan Kegiatan Akhir berisi tentang penguatan, refleksi, menyimpulkan, dan memberikan informasi materi pertemuan berikutnya.

Tugas dan Evaluasi

Setelah menyampaikan materi sesuai RPP, maka siswa biasanya diberi tugas atau latihan untuk mengukur kemampuan mereka setelah mengikuti elajaran. Tugas dan evaluasi ini harus dilampirkan di setiap RPP.

Sumber dan Media Pembelajaran

Semakin banyak sumber yang digunakan maka pembelajaran akan menjadi semakin kaya. Sumber bisa dari mana saja, termasuk dari internet yang udah bisa diakses dengan mudah.

Sedangkan media pembelajaran adalah semua yang guru gunakan untuk pembelajaran hari itu, misal alat peraga.

RPP dengan segala isinya ini harus ada setiap kali guru akan mengajar. Bisa dibayangkan bukan bagaimana sibuknya seorang guru menyiapkan sebuah pembelajaran? Jadi jangan bilang bahwa menjadi guru itu mudah. Bisa saja sih menjadi mudah jika si guru tidak amanah, mengajar seadanya dan semaunya.

Lalu, jika RPP ini dibuat sebaik mungkin, maka bisa dipastikan sebuah pembelajaran di kelas akan sangat powerful.

Sayang guru Indonesia, tidak semua melaksanakannya dengan baik. Bahkan bisa saya pastikan, yang membuat RPP setiap akan mengajar jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan yang tidak membuat RPP.

Hasilnya? Ya seperti sekarang, pendidikan kita jauh tertinggal dari Negara lain, bukan? Bukan generasi kita yang bodoh, tapi gurunya yang tak mengajar dengan baik!

Keadaan lain saya jumpai di lapangan, banyak guru-guru yang membayar sekian juta untuk membeli RPP. Aneh bukan? Masa kita yang akan mengajar tapi menggunakan rencana yang kita beli dari orang lain.

Ah, benarlah kata Irhamni Rahman, "RPP adalah jantung dalam sebuah pembelajaran di kelas!". Maka, jika anda seorang guru dan masih tidak membuat RPP? Lebih baik ke laut aja deh..

Salam Ukhuwah,

SYAIFUL HADI
Facebook : http://www.facebook.com/syaiful.hadi
Source: http://www.kompasiana.com/timsambas_solidteam/guru-tanpa-rpp-ke-laut-aja_55177c8c813311ad689de252
Editor: Kuamangmedia.com

0/Post a Comment/Comments

Mari Berkomentar Dengan Bijak,Demi Kemajuan Ilmu Kita Bersama

Lebih baru Lebih lama