Tips Memilih Web Hosting

Maspur-aja.blogspot.com


Beberapa hal yang dapat anda jadikan pedoman ketika memilih perusahaan webhosting yang tepat untuk menjalankan website anda :

* Lokasi Data Center: Tempat dimana server perusahaan web hosting beroperasi. Jika target pengunjung situs web Anda sebagian besar adalah dalam negeri, kami sarankan agar anda memilih perusahaan web hosting lokal yang menempatkan server webnya didalam negeri (yang terhubung ke jaringan Indonesia Internet Exchange atau IIX). Namun jika anda menginginkan situs anda dapat diakses dengan mudah dari luar negeri sekalipun, maka anda dapat mencari provider-provider web hosting yang menyediakan server-server yang beroperasi di data center luar negeri seperti AS atau Singapura.


* Reputasi dan Refernsi: Sejarah perusahaan webhosting di masa lalu, apakah memiliki reputasi yang bagus atau tidak. Perusahaan web hosting yang memiliki reputasi yang bagus sudah barang tentu memiliki daftar pelanggan yang puas dan perusahaan web hosting semacam ini biasanya tidak keberatan jika calon pelanggan seperti anda meminta referensi tentang siapa saja pelanggan yang puas tersebut. Jika perusahaan web hosting menolak memberikan referensi, sebaiknya anda cari perusahaan web hosting yang mau menunjukkan daftar pelanggan mereka yang puas dengan layanan yang diberikan. Hal ini web hosting bukanlah sekedar bisnis, tapi juga kemitraan. Anda harus bisa mempercayai perusahaan web hosting sebelum memilihnya sebagai tempat menitipkan situs web anda.

* Dukungan Aplikasi Server Web: Silahkan periksa apakah server web perusahaan hosting memenuhi kebutuhan aplikasi situs web anda (misalnya versi server web atau versi PHP dan versi database MySQL yang digunakan cocok dengan aplikasi situs web anda).

* Back-Up: Apakah tersedia fasilitas back up sebagai perlindungan dari potensi kehilangan data-data situs web.

* Teknisi/support: Apakah tersedia dukungan support 24 jam (baik berupa support malalui email atau telephone) dari perusahaan web hosting. Bagaimana perusahaan web hosting menyediakan dukungan teknisi/support pada hari libur (Sabtu dan Minggu) ataupun hari libur Nasional lainnya.

* Fasilitas Control Panel: Untuk memudahkan anda mengelola account web hosting (misalnya mengubah password ftp, menambah account email, mengubah quota untuk account email dan sebagainya), dewasa ini dikenal beberapa jenis control panel komersil yang ditawarkan oleh perusahaan web hosting, seperti Plesk, Ensim, dan cPanel.

* Kisaran Harga: Jika anda tidak ingin kecewa di kemudian hari, pastikan anda memilih perusahaan web hosting yang menawarkan biaya yang pantas untuk layanan yang dijanjikan dan tidak ada biaya tambahan yang memberatkan kantong anda seperti biaya setup awal, biaya lock domain, biaya modify name server, biaya pengaktifan whois privacy yang umumnya bersifat GRATIS. Jadi, jika anda menemui perusahaan web hosting yang menarik biaya untuk mengaktifkan whois privacy, jangan diterima karena layanan ini 100% gratis paa kebanyakan domain registrar.

* Hak Kepemilikan Domain: Jika anda berlangganan hosting biasanya disertai dengan pendaftaram domain lewat jasa perusahaan web hosting tersebut. Pilihlah web hosting yang memberikan akses penuh terhadap domain anda. Jadi, domain yang anda beli adalah 100% milik anda dan anda bebas mengelolanya. Ini bermanfaat jika anda kebetulan ingin berpindah hosting, modifikasi domain contact, modify name server, dll. Jika anda menemui perusahaan web hosting yang menyembunyikan data account domain anda, carilah perusahaan yang memberikan informasi account domain kepada anda.
Mau yang lebih Murah dan Handal..? Saya sarankan ,Silahkan di coba di SINI

0/Post a Comment/Comments

Mari Berkomentar Dengan Bijak,Demi Kemajuan Ilmu Kita Bersama

Lebih baru Lebih lama